November 7, 2014

Puding Labu Kuning Lapis Coklat/Pumpkin Pudding with Chocolate Layer

{scroll down for recipe in English}

Bismillah..
Labu kuning lagii...eheheu, mudahan belom pada bosen yah
Kali ini labu kuningnya dibikin puding, tekstur pudingnya jadi lembuut dan legiit karena pakai labunya lumayan banyak. Ada yang dibikin polos aja ada juga yang dilapis coklat. Dua-duanya enyaak. Sebenernya puding ini klop disajikan dengan vla santan yang gurih. Legitnya labu kuning dipadu gurihnya vla santan alamaak..mantabb! Eh sayang sungguh sayang vla yang saya buat kemarin bergerindil dan ga mulus, jadi aja ga layak tayang deh potonya, wkwkwk..
Jadi saran sayah, ga usah buru-buru yah mak bikinnya. Tepung maizenanya dicampur dulu ama sedikit air sampe bener-bener larut, jangan langsung dicampur jadi satu sama bahan lain.. kalo langsung maen cemplung, dijamin vlanya bergerindil dan ga mulus kaya punya saya kemaren deh, heheu..


Puding Labu Kuning Lapis Coklat
ala mamaaisyah

Bahan
200 gr labu kuning tanpa kulit, kukus dan haluskan
7 gr (1 sachet) agar putih/bening
500 ml susu cair (bisa pake SKM yang dicampur air, kurangi jumlah gula)
200 ml air
120 gr gula pasir atau sesuai selera
2 sdm coklat bubuk yang dilarutkan dengan sedikit air hangat

Cara membuat
1. Campur semua bahan kecuali coklat dalam panci, aduk rata. Didihkan di atas api sedang sambil diaduk. Angkat
2. Ambil 1/3 bagian, campurkan coklat, aduk rata. Sisihkan
3. Tuangkan agar kuning ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air. Tunggu uap panas hilang dan terbentuk lapisan di bagian atas tapi bagian bawahnya masih goyang (belum keras). Tuang lapisan coklat perlahan supaya tidak bocor. Biarkan mengeras dan sajikan dingin
Note: jika lapisan kuning terlanjur mengeras, gores dengan garpu sebelum dituang lapisan coklatnya supaya hasilnya lapisannya nanti menempel

Vla Santan

Bahan
200 ml santan agak kental
2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
2 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:
Campurkan semua bahan kemudian didihkan di atas api kecil-sedang hingga mengental. Angkat, dinginkan


Selamat mencoba :)

English Version

Pumpkin Pudding with Chocolate Layer

Ingredients

200 gr (1 cup) pumpkin puree
7 gr (1 sachet) agar agar
500 ml (2 cups) milk
200 ml (1 cup) water
120 gr (2/3 cup) white sugar
2 tbsp cacao powder, dissolved in 30 ml warm water)

Directions
1. Combine all ingredient except cacao, mix well. Boil while stirring occasionally with medium heat. Remove
2. Pour 2/3 of the mixture into the mould. 
3. Combine the rest mixture with the cacao, mix well. Pour gently into the same mould, when the 2/3 mixture has been cooled down a bit and a thin layer is formed. Cool completely then chill in the fridge

Enjoy! :)



5 comments:

  1. wuihh...lembut banget puddingnya..
    yang lapis coklat kayaknya malah enak banget yak...nah donat sudah, roti sudah, pudding sudah, apalagi ntar mba? memang ada berapa buah labu kuning di dapur..he he he....borong ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa..beli labu cuma sebiji mba, yang paling kecil pulak..tapi kok ga abis-abis yaaa :D :D
      yang lapis coklat lebih endes mba Mon, smua doyan yang ini kecuali neng Hasna.. dia maunya yg polos, seleranya beda sendiri hehe..

      Delete
  2. Makasih resepnya mama Aisyah, mau nyoba ini. Semoga bisa jadi kayak punya mama Aisyah :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...