April 16, 2015

Pandan Sponge Cake yang Lembut dan Lembuuut..meski tanpa emulsifier & pengembang


Bismillah..
Akhirnyaa.. bisa juga bikin sponge cake alias bolu pandan idaman. Hasil cake-nya spongy tapi moist, rasanya gurih dari santan dengan aroma pandan yang wangii.. Teksturnya ringan, fluffy, lembut dan lembuuut.. Remahnya juga halus, porinya rapat. Cakenya tinggi tapi ga pake nyusut dan meleyot, hanya turun sedikiiit saja dan ga berkeriput. Saat sudah dingin juga kokoh..
Percobaan sebelumnya gagal. Cakenya menyusut kempes paraaaah.. keriput, meleyot dan berpinggang. Ternyata untuk cake yang volumenya tebal dan dipanggang di loyang bulat seperti ini, sebaiknya dipanggang di suhu rendah. Suhu yang terlalu tinggi membuat adonan cakenya cepat naik dan tinggi di oven. Tapi saat dikeluarkan, kempesnya ga ketulungan. Suhu terlalu tinggi juga rentan membuat cake yang tebal begini tidak matang sempurna dan rata. Bagian atas udah matang (bahkan kulit atas terlalu coklat) tapi bawah ternyata masih agak sedikiiit beremah basah. Kalo diangkat dari oven, bagian bawah yang belum kering benar ini akan membuat cake menyusut ga cantik, bagian bawah akan menjadi cekung. Meski yaa..masih bisa dimakan lah.. :P


Jadi, dari sebelumnya saya panggang di suhu 170-180C, saya jajal panggang di suhu 150C untuk 30 menit awal baru kemudian dinaikkan ke suhu 160 di 25-30 menit terakhir. Adonan naik perlahan dan ga berlebihan. Saat dikeluarkan dari oven tidak menyusut banyak.
Oh ya, tentunya sebelum dipanggang, saya juga pastikan dulu untuk membuang sebanyak mungkin gelembung udara yang terperangkap di adonan. Otherwise, adonan akan naik/ngembang terlalu tinggi di oven tapi pas keluar collapse alias kempes. Caranya dengan menuang pelan-pelan adonan ke loyang (dengan begini gelembung besar akan pecah saat dituang), mengaduk pelan adonan di loyang kemudian loyang dihentakkan sebelum masuk oven..

Selebihnya sih masalah pengadukan alias aduk balik, pemirsa.. Kalo buat amatiran macem saya nih, tahap krusial adalah saat pencampuran tepung dan/atau bahan cair dengan cara aduk balik. Kelamaan aduk karena ga nyampur-nyampur bisa bikin kempes duluan si adonan, tapi kurang sempurna ngaduk juga bisa bantet karena bahan cair (santan kental & minyak) yang belum tercampur akan mengendap di bawah saat dipanggang. Tapi kan, alah bisa karena biasa, yes? Ga usah takut gagal, tar lama-lama juga bisa..*bisa gagal lagi kamsudnya, hihi  >.< :P

Yasud, mari kita liat resepnya yuks..

Pandan Sponge Cake
ala Mama Aisyah
adapted from Naila Hari

Bahan
4 butir telur, suhu ruang *
160 gr gula pasir
160 gr tepung terigu serbaguna/protein sedang, ayak **
1/2 sdt garam
1 sdt vanila bubuk
60 ml minyak sayur
90 ml santan sedang-kental (dari 30-40 ml santan kental kara yang diencerkan dengan air) ***
3/4 sdt pasta pandan, atau secukupnya

* untuk mempercepat telur mengembang baik, kadang saya rendam dulu telur pake air anget. Telur mengembang baik di suhu hangat ~40C
** untuk hasil yang lebih lembut lagi, bisa gunakan cake flour/tepung terigu protein rendah. Atau bisa juga dengan menambahkan sejumlah maizena (dan mengurangi porsi terigunya)
contoh: ganti 160 gr terigu menjadi [130 gr tepung terigu + 30 gr tepung maizena]
*** sebaiknya tidak dingin dari kulkas, hangatkan sebentar dengan microwave kurang lebih 30 detik. Kalo dingin biasanya trus susah nyampur sempurna di adonan

Cara membuat
1. Panaskan oven 150 C. Alasi loyang bulat diameter 18 cm tinggi 7 cm dengan baking paper (bagian bawahnya saja). Kalo pake loyang yang bongkar-pasang, biarkan tanpa alas dan olesan. Sisihkan
2. Kocok telur dengan handmixer kecepatan 3 (sedang). Saat mulai berbuih/berbusa dan putih, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Teruskan mengocok hingga kental berjejak (dengan handmixer saya butuh 7-10 menitan). Tambahkan garam dan vanila bubuk, kocok rata. 
3. Masukkan tepung dengan cara diayak, 3 tahap. Tiap kali dimasukkan, aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata. (bisa juga pake mixer kecepatan terendah, sebentar saja)
4. Masukkan minyak dan santan sedikit demi sedikit, tambahkan sekalian juga pasta pandan kemudian aduk balik dengan spatula (bisa juga pake mixer kecepatan terendah, sebentar saja). Pastikan tidak ada yang tertinggal di dasar mangkok.
5. Tuang adonan ke loyang perlahan. Hentak-hentakkan loyang supaya gelembung udara yang terperangkap hilang. 
6. Panggang selama 30 menit di suhu 150C, kemudian naikkan suhu jadi 160C. Panggang lagi 25-30 menit, atau hingga tusuk gigi dimasukkan keluar bersih.
7. Keluarkan dari oven, hentakkan di atas meja (ini katanya mengurangi penyusutan). Balik loyang sekitar 5 menit di atas rak kawat kemudian segera keluarkan dari loyang, dinginkan cake di atas rak kawat.
Potong setelah benar-benar dingin untuk mendapatkan hasil irisan yang rapih..  

Note: Cake yang dihasilkan tingginya 6 s/d 7 cm

Yang di foto ini masih agak anget jadi kurang rapih hasil potongannya meski pake piso tajem.. maklum, udah ga sabar mo lhep.. :P Yang penting lembutnya tetep kliatan kaan.. :)

Credit to mba Naila Hari untuk resepnya yang yahud. Makasih banyak mba, semoga gapapa yaa resepnya diobrak-abrik sedemikian rupa, hiks.. Karena harus pake loyang bulat, jadi harus disesuaikan disana-sini :)




Selamat mencoba :)




57 comments:

  1. Asslmkum bundaa...

    senengnya liat hasil fotonya..bagus, dan hsil cake'nya juga keren, asli keliatan lembutnya...ijin copas resepnya ya bund...

    trm ksih sdh berbagi resep...
    Yani

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh
      silahkan mba Yani,
      met nyobain ya :)

      Delete
  2. Mbak, barusan aja aku praktekin cakenya. Sukses!
    Sama seperti mbak, belom dingin sudah dipotong karena gak tahan. Dan langsung habis setengah loyang sekaligus, ahahaha... Anak anak suka banget.
    Thanks sharing resep dan triks-nya. Cake saya mengembang bagus dan lembut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahh..ikut seneng mbaaa :D :D
      Makasih jg testimoninya ya ;)

      Delete
  3. Assalaamu'alaikum bunda,
    anak2ku doyannya yg coklat tapi aku gak suka pake coklat pasta.. terigunya aku kurangin terus ganti coklat bubuk bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh mba Dessy,
      Bisa juga mba. Met nyobain ya :)

      Delete
  4. Waah... Wajib dicoba ini Mbak... Cakeep banget hasilnya, mengembang tinggi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Um..recommended deh
      ngembang tinggi dan moist lembuut..

      Delete
  5. Halo mba.. Blog & fotonya baguuusss, kereeenn.. Saya juga lagi giat2nya baking meskipun kumat2an hehehe. Suatu saat kalo anak2 udah agak besaran juga kepengen bikin blog & foto yg bagus2 gini.. Amiiin, sekarang masih sebatas posting di Instagram aja, fotonya pun pake smartphone. Boleh tau kameranya pake apa ya? Btw, saya jg penggemar olahan pandan nih, roti sobek pandan resep mba Oki udah masuk wish list, semoga segera bisa bikin dalam minggu2 ini soalnya baru belajar bikin roti, biasanya bikin cake2 aj.. Nanti kapan2 juga pengen nyobain sponge cake ini ah.. Bookmark dulu ya mba.. Thanx for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aww..makasiih mba Imelda, bikin saya seneng ajah :) :)
      Aamiin..mudahan bisa segera launching ya blognya, ntar saya maen, hehe..
      Saya ada IG juga tapi pasiiig banget :P nengokin cuman kalo cari inspirasi ato belajar fotografi
      Saya pake kamera nikon yg entry level aja mba, heheu..yg d3300. Kadang pake hp galaxy s4
      Monggo dicoba resepnya mba, semoga cucok ya :)

      Delete
  6. Halo lagi mba Oki.. Akhirnya nyobain resep ini juga, jadinya enaaak mba, serumah juga pada suka. Padahal bikinnya setengah dadakan pas anak tidur sore. Aku juga ikutin tips nya biar ga melorot cake nya & berhasil juga.. Makin pede n semangat baking nih. Cuman nih sayang permukaannya masih banyak bubbles nya soalnya aku takut kebanyakan ngetok loyang malah ga bs ngembang, pas itu jg pake api atas gara2 permukaan ga coklat2 padahal udah mateng dalemnya. Kalo lg iseng bisa dilihat hasilnya di instagram ku mba.. Hehehe ini link nya: https://instagram.com/p/3IB9DKw8ar/
    Sekali lagi thanks mba resepnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren mbaaa..
      udah tengok barusan ;) :)

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Saya sering coba resep Sponge Cake, tapi hasilnya kurang bagus (kalau dimakan terasa agak nyangkut di leher). Kira-kira kenapa ya kok bisa begitu ?
    Terima kasih.

    www.klipingan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu brarti cakenya terlalu kering alias kurang moist, penyebabnya ya krn kurang moisture. Bisa karena kurang takaran bahan cairnya (minyak/margarin/mentega atau air/santannya ato jumlah telurnya dll) ato karna overbaked..

      Delete
  9. Hi mama aisyah, pengen cobain cake ini nih sepertinya enak banget dan aku fans setia pandan.. hahahah
    mau nanya nih, kalo gulanya dikurangi bisa ga ya sekitar jadi 100gr aja? soalnya orang rumah pada kurang suka manis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh..toss dong kita mbaa, sesama fans pandan :D
      bisa mba, dikurangi aja sesuai selera
      tapi takaran gula itu ngaruh di moistness yaa..
      saya coba juga tuh versi pake gula 100 gr, dgn metode yg mirip tapi rasa vanila (postingannya masih nangkring di draft nunggu giliran, belom syempet nuliiis)
      hasilnya ngembang dengan baguus.. moist juga, tapi yg versi resep pandan ini lebih moist :)

      Delete
  10. makasih yah atas informasinya, kebetulan aku lagi belajar untuk memasak dan dengan adanya blog ini dapat membantu aku dalam belajar. jangan lupa kunjungi blog aku juga.
    QUEENXXX92

    ReplyDelete
  11. Wah resepnya ok mama aisyah. Kalau lagi cari-cari marketplace untuk menu-menu lain, bisa kunjungi
    <a href='http://www.nccmarket.com">

    Kami adalah marketplace official dari NCC Indonesia yang khusus menjual produk-produk home cooking :)

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum...salam kenal dari saya,boleh juga nih mbak resepnya dicoba soalnya kalau saya bikin kue saya belum pernah gak pakai pengembang.Main mbak k blog saya www.kuredew.blogspot.com saya masih dalam proses belajar,makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam..
      salam kenal juga mba Dewi ^^

      Delete
  13. mba kalau dgn resep ini dibuat jadi bolu vanilla bs kah?? jadi santannya diganti susu. trims.

    ReplyDelete
  14. Artikelnya menarik, terima kasih sudah share ... dari Baju Muslim Terbaru

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. wah bagus bisa buat referensi nih..

    kalo boleh nih saya juga ada resep tentang bolu pisang nih

    http://resepmasakandahsyat.blogspot.co.id/2016/02/resep-bolu-pisang-empuk-ga-pake-ribet.html

    makasih :)

    ReplyDelete
  17. Terima kasih ya Mba aisyah telah memberikan resep masakan untuk kita semua ,, semoga bermanfaat ya Mba ... amin

    ReplyDelete
  18. Makasih banyak mba aisyah atas tips memanggang spongecake dg suhu rendah, alhasil spongecake saya menjulang tinggi dan tidak kempes lagi seperti sebelumnya

    ReplyDelete
  19. terimakasih mb aisyah untuk resepnya. saya sudah mencoba membuatnya dengan resep dari blog mbak. hasilnya memuaskan, dan laris manis

    ReplyDelete
    Replies
    1. woww.. mantab mas
      makasih testimoninya yaa

      Delete
  20. Br mo coba.. smg sy brhsil.. 😁

    ReplyDelete
  21. Cakenya bener-bener lembut n gurih bgt mba....aku udah nyoba berkali-kali...soale pada ketagihan......makasih y mbk for share resepnya...salam kenal mama arie magelang...

    ReplyDelete
  22. Cakenya bener-bener lembut n gurih bgt mba....aku udah nyoba berkali-kali...soale pada ketagihan......makasih y mbk for share resepnya...salam kenal mama arie magelang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mama Arie di Magelang..
      seneng deh bacanya,
      makasih udah nyobain yaa ^^

      Delete
  23. Halo mbak..salam kenal..utk sponge ini apkh mengocok telur kuning putihnya dipisah ato jadi satu aja?mksh sebelumnya..

    ReplyDelete
  24. Hallo mb ayu kl dibikin cup cake bisa nda...? mb yg sering bikin model cup cake dong untuk pesanan ato hantaran. Mksh seblomnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mustinya sih bisa mba, meski saya blm pernah coba :D
      cupcake saya jarang bikin yah.. soale ga jago menghiasnya mba, hihihi *ngeles

      Delete
  25. salam kenal ya mama aisyah , smoga sukses selalu

    ReplyDelete
  26. Kalo saya bikin sponge cake pandan knp tdk bisa moist yaa ... Mbk saya selalu pakek api suhu 180 derajat selama 45 menit, cara mengaduk tepungnya itu kning telur, separo gula, susu n minyaknya saya campur dl jd satu baru di campur putih telur yg sdh d kocok kaku al hasil gk moist...

    ReplyDelete
  27. Mba resep ini bisa untuk kukus ngga ya? Mksh

    ReplyDelete
  28. wah, dari dulu saya pengen buat sponge cake pandan ini.. akhirnya nemu juga resep yang sangat mudah membuatnya

    ReplyDelete
  29. Mbk, mau nanya...kan bagian bwh loyang dialas kertas baking, kalo dindingnya ga dioles mentega mbk?ga akan lengket ya?

    ReplyDelete
  30. http://anime-keren77.blogspot.co.id/2016/08/no-game-no-life.html

    ReplyDelete
  31. wuih ,,, biasa cuma bisa makan aja sih
    sekali sekali boleh nyobain resepnya :D :D




    ---
    Supplier Tas Batam

    ReplyDelete
  32. Masyaallah..
    Enak bolunya, saya pake terigu dicampur maizena. Jadinya lembut banget ma..
    Jazakillah khair.. resep & tipsnya keren :-)

    ReplyDelete
  33. Kalau misalnya minyak d ganti dengan butter yg d cairkan apa bisa mbak?

    ReplyDelete
  34. Kelihatannya kuenya enak sekali.

    ReplyDelete
  35. makasih infonya yang bermanfaat

    ReplyDelete
  36. http://www.tipsiburumahan.tk/

    Kunjungin juga blog ku ini yah,, Tips, trik dan resep asik versi ibu rumahan semua ada disitu.. Thanks admin

    http://www.tipsiburumahan.tk/

    ReplyDelete
  37. Contentnya sangat bagus dan bermanfaat sekali, terima kasih :)

    🔷 Perguruan Tinggi Indonesia Mandiri (PTIM) 🔷
    STMIK IM & STAN IM
    Menerima mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018
    1. Teknik Informatika (S1) Terakreditasi BAN PT
    2. Sistem Informasi (S1) Terakreditasi BAN PT
    3. Manajemen (S1) Terakreditasi BAN PT
    4. Akuntansi (S1) Terakreditasi BAN PT
    Kelas Reguler dan Karyawan
    👉 Jenjang S1 kelas Reguler ditempuh dalam 8 Semester (3,5 Tahun)
    👉 Jenjang S1 kelas Karyawan A dan Kelas Karyawan B ditempuh dalam 8 Semester (2,7 tahun), 1 semester = 4 Bulan (Tri Semester).
    📝 Pendaftaran :
    👉 Kelas Reguler
    👉 Kelas Karyawan

    Info lengkap :
    ğŸŒŽ www.imandiri.id/pmb
    ğŸŒŽwww.stmik-im.ac.id
    ğŸŒŽwww.stan-im.ac.id
    Telp : (022) 7272672 | (022) 7208180
    Fax : (022) 7271693
    WhatsApp : 082211888879
    Email : Info@stmik-im.ac.id, Info@stan-im.ac.id
    🏡 Jl. Jakarta No. 79 Bandung 40272
    Jawa Barat – Indonesia

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...